Grow Up

Bertumbuh. Kita sering melihatnya sebagai sebuah proses. Tetapi pernahkah kita melihatnya sebagi sebuah prestasi? Apakah kita menghargai pertumbuhan?

Paulus menghargainya. Ketika Paulus melihat, mendengar tentang pertumbuhan iman jemaat Efesus, Ia tidak berhenti berdoa dan mengucap syukur. Paulus mengajarkan kita untuk menjadi seseorang yang realistis-idealis. Tidak menutup mata terhadap keadaan sekitar, menerima kenyataan dan realitanya. Namun setelah melihat realita, kita hendaknya membawa realita tersebut kepada idea yang sesuai kebenaran Tuhan.

Kita harus mengubah keadaan yang realistis tidak statis sebaliknya terus mendoakan agar keadaan tersebut bertumbuh sesuai kehendak Allah.

Dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar – Ef‬ ‭1:17.‬

Pertumbuhan terjadi bukan atas usaha kita. Pertumbuhan terjadi ketika kita berdoa meminta kepada Allah untuk memberikan kepada kita:

  • Roh Hikmat. Bijaksana yang dari Allah untuk membedakan kebenaran dengan ketidakbenaran. Kesucian dengan kelaliman. Kemampuan untuk melihat dan membedakan Kebenaran asli dengan kebenaran palsu (yang pastinya mirip dengan kebenaran asli sehingga banyak dipegang oleh masyarakat)
  • Wahyu. Kebenaran Allah yang dianugerahkan kepada kita agar kita mampu memahami isi hati dan kehendak Allah Bapa kita.

Segalanya ini hanya mampu kita terima apabila kita adalah anak-anak Bapa. Oleh karena ini, Kuasa kebangkitan-Nya yang akan memampukan kita mengalami Pertumbuhan. Kita bertumbuh tidak lain adalah karena pekerjaan Tuhan dan bukannya usaha kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s